Kamis, 31 Mei 2012

Penelitian Kausal Komparatif


Metode penelitian yang erat dengan penelitian korelasi adalah penelitian kausal komparatif (causal comparative research) atau hubungan sebab akibat, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat yang berdasar pada pengamatan terhadap akibat yang ada dan mencari kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu (Suryabratha, 2003).

Hampir sama dengan penelitian korelasi, penelitian kausal komparatif juga merupakan penelitian yang sifatnya ex-postfacto yakni penelitian dimana variabel - variabel telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel terikat dalam suatu penelitian. peneliti mengambil satu atau lebih akibat dan menguji data tersebut dengan menyelusuri kembal ke masa lampau untuk mencari sebab - sebab, saling hubungan dan maknanya.

Pendekatan dasarkausal komparatif melibatkan kegiatan peneliti yang diawal dari mengidentifikasi pengaruh variabel satu terhadap variabe lainnya, kemudian berusaha mencari kemungkinan variabel penyebabnya. Peneliti berusaha mencermati pertanyaan penelitian what is the effect of X? sebagai contoh, apa pengaruh yang terjadi jika seorang anak tanpa mengikuti sekolah taman kanak - kanak kemudian langsung masuk kelas satu dasar?

Keunggulan - keunggulan dari penelitian kausal komparatif adalah menghasilkan informasi yang sangat berguna mengenai sifat - sifat gejala yang dipermasalahkan, apa sejalan dengan apa, dalam kondisi apa, pada perurutan dan pola yang bagaimana dan sejenis dengan itu . Selain itu perbaikan perbaikan dalam hal teknk, metode statistik, dan rancangan denga kontrol persial, pada akhir - akhir ini telah membuat studi kausal komparatif tersebut dapat lebih dipertanggungjawabkan.

Kelemahan penelitian kausal komparatif yaitu kontrol variabel tidak dapat dilakukan, sehingga interpresi hasil penelitian pada umumnya hanya menekankan oada hubungan dan prediksi variabel dengan tidak terlalu berorientasi pada hubungan sebab akibat.

jadi penelitian kausal komparatif pada prinsipnya merupakan kegiatan penelitian untuk mencari informasi tentang hubungan antara akibat dengan kemungkinan penyebabnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar