Selasa, 22 Mei 2012

Y2K: Sepeda Motor Dengan Penggerak Turbo Jet untuk Helikopter

MTT Turbine Superbike yang juga dikenal dengan sebutan Y2K Turbine SUPERBIKE adalah sepeda motor ke dua di dunia yang menggunakan mesin penggerak Turbin yang biasa dipakai untuk mesin penggerak Helikopter. Dibuat oleh Ted McIntyre di perusahaan Marine Turbine Technologies Inc. Motor pertama mulai diproduksi akhir 1999, tepatnya awal tahun 2000.

Menggunakan mesin turbin Rolls-Royce-Allison Model 250, sepeda motor ini bisa menghasilkan tenaga 320 HP (238 kW), bandingkan dengan kekuatan sepeda motor mesin piston tercepat yaitu Suzuki Hayabusha 1400 CC yang hanya mencapai 190 HP. Dengan kekuatan ini motor tersebut bisa melaju hingga kecepatan maksimum 370 km/jam hanya dalam waktu 15 detik! Motor ini juga tidak dipasang pembatas kecepatan seperti maksimum kecepatan yang diperbolehkan di Jepang misalnya, yang hanya diperbolehkan maksimum kecepatan motor untuk umum sampai dengan 300 km/jam.

Harga jangan ditanya lagi, pada tahun 2004 saja untuk mendapatkan satu unit motor ini harus memesannya terlebih dahulu dengan harga US$ 185.000 off the road. Tak heran dia dikategorikan sebagai "Sepeda motor paling bertenaga" dan "Sepeda Motor paling mahal" oleh Guinness Book World of Record.

Berbeda dengan motor bertenaga jet yang pertama dibuat yaitu menggunakan mesin jet besar untuk mendorong motor dengan semburan gas nya, Y2K menggunakan rantai penggerak yang dihubungkan dari roda ke mesin seperti motor piston biasa dengan perpindahan 2 kecepatan (gigi 1 dan gigi 2), saat kecepatan awal mungkin tidak terlalu terasa kecepatannya, tapi ketika katup terbuka tenaga bertambah dengan sangat ekstrim dan motor melaju dengan percepatan yang luar biasa.

Mesin yang digunakan bukanlah mesin baru, mereka menggunakan mesin-mesin turbojet helikopter yang sudah habis “jam terbangnya” (Sesuai aturan FAA untuk mesin pesawat udara), mereka merombak ulang dan memodifikasinya. Dengan mesin bekas tersebut mereka bisa memilikinya dengan harga lebih murah, mereka menerapkannya di sepeda motor dan tidak ada aturan FAA untuk sepeda motor.

Untuk menghindari pemakaian minyak tanah murni (avtur) yang biasa digunakan untuk mesin-mesin turbo jet, mereka merombak ulang agar bisa menggunakan minyak diesel.

Selain mesin, ada inovasi lain dimasukkan ke dalam motor ini yang tidak termasuk dalam paket penjualan, seperti detektor radar dengan pengacak laser, kamera dengan layar LCD, dan kursi untuk berboncengan.

Suara mesin sungguh mirip seperti suara helikopter, jika penasaran boleh cari-cari di Youtube.com dengan keyword: Y2K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar